Skip to main content

Cara Memasang AC yang Benar

Saat membeli unit AC sistem pisah-tunggal (single-split), Anda akan memperoleh dua barang, yakni indoor-unit (dipasang dalam ruang tempat angin yang dikondisikan berhembus) dan outdoor-unit (dipasang di luar bangunan). Jika kita perhatikan, ada beragam cara memasang peralatan itu. Yang indoor dipasang di tempat tinggi. Maksudnya biar angin bisa berkeliaran di seluruh ruangan tempat alat itu berada. Lalu, di mana kita meletakkan outdoor-unit? Ada yang menaruh di bawah, ada juga di atas. Di mana pemasangan yang tepat?

Untuk menjawabnya kita perlu paham proses kerja pada masing-masing unit. Dalam indoor-unit terdapat evaporator yang "memaksa" cairan refrigeran berubah wujud menjadi gas. Sedangkan dalam outdoor-unit terdapat kompresor, kondensor, dan katup ekspansi yang mengembalikan wujud gas refrigeran menjadi cair kembali.

Proses perubahan wujud cair menjadi gas memerlukan energi. Energi diserap dari lingkungan, yaitu tempat evaporator berada. Berupa energi mudah diserap, yakni energi panas sensible (komputer, manusia, dinding, dsb.) dan panas laten (keringat, dsb.). Setelah refrigeran menjadi gas, dia tidak akan menyerap energi lagi. Makanya harus dicairkan kembali agar siklus dapat berkelanjutan.

Langkah pertama pencairan dengan pemadatan oleh kompresor. Kemudian dikondensasikan dalam kondensor. Ketika terjadi proses kondensasi, refrigeran melepaskan energi. Itulah sebabnya mengapa tiupan kondensor terasa hangat bahkan cenderung panas. Refrigeran cair siap diproses menjadi gas dengan bantuan katup ekspansi yang berfungsi mengubah cairan menjadi kabut atau embun. Selanjutnya proses berulang dengan evaporasi tadi.

Akibat proses dan komposisi peralatan utama itu, kita akan mendapatkan dua buah pipa refrigeran antara unit indoor dan outdoor. Satu pipa menyalurkan gas dari evaporator ke kompresor, dan pipa lainnya menyalurkan cairan terurai/embun dari katup ekspansi ke evaporator. Dari informasi ini kita dapat menyimpulkan bahwa:
  1. Kalau posisi outdoor di bawah indoor, refrigeran cair harus mengalir dari bawah ke atas dan refrigeran gas mengalir dari atas ke bawah. Sifat gas cenderung "melayang", sedangkan zat cair cenderung mengendap. Jadi kombinasi posisi ini agak memperlamban sirkulasi refrigeran. Sementara dari segi arsitektur tampak lebih rapi karena outdoor-unit bisa "disembunyikan".
  2. Kalau posisi outdoor sejajar indoor, maka baik refrigeran cair maupun gas akan mengalir secara horizontal. Jarak atau panjang pipa refrigeran antara outdoor dan indoor unit juga relatif pendek. Dengan begitu sirkulasi refrigeran cukup lancar. Namun dari segi arsitektur tidak beda jauh dengan penampilan AC Windows.
  3. Kalau outdoor di atas indoor, maka refrigeran cair akan mengalir dari atas ke bawah dan refrigeran gas akan mengalir dari bawah ke atas. Mengingat sifat gas yang cenderung "melayang" dan zat cair cenderung "jatuh" maka kombinasi posisi ini akan mempermudah sirkulasi refrigeran. Dari segi arsitektur, menyembunyikan outdoor-unit di atap bukanlah pekerjaan sulit.
Nah, kini Anda tak perlu bingung menempatkan outdoor-unit

Comments

Popular posts from this blog

" Foto " 5200 Orang Jadi Model Telanjang Masal

 Kalo di Indonesia seru juga ya..... Fotografer terkenal di dunia dan seniman Spencer Tunick mengubah ikon Sydney Opera House menjadi sebuah instalasi telanjang disebut 'Mardi Gras', bagian dari Sydney Mardi Gras untuk 2010. Kegiatan tersebut diikuti 5200 orang (pria dan wanita) dan semuanya Telanjang alias Bugil. Walaupun katanya mengedepankan unsur 'Seni', tapi yang namanya bugil ya.. tetap bugil...Berikut Foto-fotonya:

Contoh Diet Karbo - Diet Karbohidrat Rendah

Diet karbohidrat (karbo) merupakan jenis diet yang menekankan pada pengurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. Beberapa contoh diet karbohidrat yang populer adalah: Diet Keto: Diet ini melibatkan mengurangi asupan karbohidrat hingga hanya 5-10% dari total kalori harian dan meningkatkan asupan lemak hingga 70-80% dari total kalori harian. Diet ini bertujuan untuk memaksa tubuh memasuki keadaan ketosis, di mana tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama. Diet Paleo: Diet ini menekankan pada makanan yang mirip dengan yang dikonsumsi oleh manusia purba, seperti daging, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini biasanya rendah karbohidrat, tetapi bukanlah diet karbohidrat yang sangat ketat seperti diet keto. Diet Atkins: Diet ini melibatkan fase pertama yang sangat ketat, di mana asupan karbohidrat dibatasi hanya hingga 20 gram per hari. Fase ini diikuti oleh fase-fase yang lebih fleksibel, tetapi tetap membatasi asupan karbohidrat. Diet ini bi

Trik Mendapatkan Alamat Email Dari Search Engine

Mempunyai banyak teman di internet adalah sebuah berkah yg luar biasa dan patut disyukuri. Banyak teman banyak rezeki, itu istilah yang tepat. Tapi sebanyak-banyaknya teman, contohnya di Facebook, paling-paling juga hanya bisa ratusan. Tetapi kalau kita orang yang beken dan punya tampang spt artis, itu perkara lain. Tapi kalau kita yang hanya “wong cilik”, nampaknya sebuah mimpi mempunyai ribuan “fans”. Banyak teman biasanya diikuti dengan banyaknya alamat email yang dikoleksi dari mereka. Alamat email yg banyak merupakan sebuah aset yg sangat berharga. Satu email bisa menghasilkan $1-$10 jika dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. Masalahnya jika anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan alamat email yang banyak dari teman-teman, saya punya kiat alias tips atau bahkan boleh dibilang sebuah trik. Tips dan trik yg saya kenalkan untuk mendapatkan alias mengumpulkan alamat email yg saya ajarkan sangat sederhana, cara untuk mencari dan mendapatkan alamat email kali ini pasti