Perbedaan Antara ipad dan iphone

Apabila dilihat sekilas, antara iPad, iPhone, dan iPod touch tidak banyak berbeda. Kalaupun berbeda, mungkin hanya pada ukuran fisiknya.

Ketiga produk yang diproduksi oleh Apple, perusahaan perangkat keras asal Amerika Serikat (AS), itu menggunakan sistem pengoperasian yang sama dan menjalankan aplikasiaplikasi yang mirip.

Kendati aplikasi-aplikasinya mirip, fitur yang tersedia pada ketiga gadget itu tidak sama. Ada perangkat yang memiliki kamera, ada pula perangkat yang dilengkapi dengan fi tur komunikasi (telepon).

Dari sisi kapasitasnya pun ketiga perangkat itu memiliki perbedaan. IPad dan iPhone memiliki kapasitas penyimpanan data sebesar 16 GB, 32 GB, dan tertinggi 64 GB. Sedangkan iPod, kapasitas penyimpanan datanya 8 GB, 32 GB, dan 64 GB.

Perbedaan juga terlihat dari ukuran layarnya. IPad yang merupakan perangkat terbaru keluaran Apple dengan teknologi iBook itu memiliki layar yang lebih lebar ketimbang dua perangkat lainnya, yakni berukuran 9,7 inci dengan resolusi 1.024 x 768 piksel.

Hal itu membuat pengguna lebih merasa nyaman ketika membaca electronik book (e-book) melalui iPad. Sementara itu, iPod touch dan iPhone 3 GS memiliki ukuran layar yang sama, 3,5 inci dengan resolusi 480 x 320 piksel.

IPhone 3 GS yang merupakan perangkat telepon seluler (ponsel) telah didukung aplikasi global positioning system (GPS).

Aplikasi itu tidak terdapat pada iPad maupun iPod touch. Pada beberapa varian iPad, konektivitasnya hanya didukung oleh WiFi dan 3G, dan iPod touch hanya menggunakan WiFi. Fitur lain yang juga membedakan ketiga gadget itu adalah keberadaan kamera.

Dari ketiga perangkat itu, iPhone 3GS dilengkapi kamera 3 megapiksel dan video. IPhone juga dilengkapi fasilitas pengeditan video, sedangkan iPad dan iPod tidak memiliki fasilitas tersebut. Untuk mendukung proses transfer data, ketiga perangkat itu dilengkapi fitur bluetooth.

Namun, untuk dihubungkan ke perangkat televisi, hanya iPod touch yang dilengkapi fasilitas tersebut.

Kendati ketiga perangkat memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, beberapa pihak memprediksi komputer tablet alias iPad akan menjadi tren ke depan.

Bahkan, biro riset Gartner menengarai komputer dengan layar sentuh (touchscreen) itu akan “menyihir” anak-anak di dunia.

Pada 2015, produk itu diperkirakan digunakan oleh 50 persen anak-anak di dunia. Anak-anak lebih menyukai pengontrolan komputer dengan sentuhan jari dibandingkan dengan menggunakan tetikus atau papan ketik.

Meski bagi anak-anak layar sentuh cukup menarik, tidak halnya bagi orang dewasa, terutama kalangan pebisnis.

Diperkirakan hanya 10 persen dari mereka yang menyukai penggunaan komputer dengan layar sentuh. Hal itu didasari alasan dunia bisnis membutuhkan pengetikan cepat yang hingga kini keperluan tersebut belum bisa dipenuhi oleh komputer layar sentuh.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage